Efektifitas Pengobatan dengan Obat Herbal di Masyarakat

Banyak masyarakat di Indonesia yang meyakini bahwa obat herbal menjadi salah satu solusi untuk mengatasi penyakit yang mereka derita. Tidak sedikit yang mengalami penyakit kronis memilih menggunakan obat herbal untuk pengobatan penyakitnya tersebut.

Menjadikan obat herbal sebagi solusi untuk mengobati penyakit kronis yang mereka derita bukan tanpa alasan. Misalnya penderita kanker, ada diantara mereka yang takut berobat ke dokter karena takut menjalani operasi pembedahan. 

Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar, mengingat solusi medis untuk kasus kanker umumnya berupa operasi pembedahan, kemoterapi, atau terapi radiasi. Medical News Today, juga pernah menerbitkan artikel mengenai pengobatan kanker payudara dan menyebutkan bahwa pengobatan kanker payudara meliputi pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi.

Orang menghindari pengobatan dengan cara operasi pembedahan, kemoterapi dan terapi radiasi dengan berbagai alasan, baik karena takut, biaya yang cukup mahal, karena fasilitas untuk itu tidak ada di rumah sakit terdekat, dsb.

Sudah mulai banyak hasil penelitian mengenai obat herbal, seperti hasil penelitian mengenai daun sirsak yang diterbitkan dalam American Journal of Cancer Prevention. Hasil penelitian tersebut menyebutkan adanya kandungan zat annonaceous acetogenins dalam daun sirsak yang dapat menghambat perkembangan sel kanker. Penelitian serupa yang dilakukan Universty of Nebraska Medical Center juga menunjukan hasil yang tidak jauh berbeda. 

Penelitian yang dilakukan University of Athena mengenai khasiat minyak zaitun juga menunjukan hal positif. Dimana minyak zaitun mempunyai khasiat yang tidak kalah dengan obat medis.

Namun hasil beberapa penelitian tersebut dianggap masih belum cukup sebagai bukti ilmiah, karena penelitian kebanyakan dilakukan di laboratorium dan belum banyak penelitian mengenai penerapan hasil penelitian di laboratorium tersebut pada pasien.

Masyarakat yang menggunakan obat herbal untuk pengobatan penyakit mereka, kebanyakan memutuskan untuk mencoba menggunakan obat herbal berdasarkan informasi dari produsen yang biasanya selain menyampaikan mengenai kandungan bahan, manfaat, juga menyertakan testimoni-testimoni dari pengguna obat herbal tersebut yang berhasil sembuh.

Obat herbal yang sudah mendapat ijin dari BPOM umumnya lebih meyakinkan calon pengguna, apalagi jika menyertakan testimoni dari pengguna. Semakin banyak testimoni akan semakin menyakinkan, karena testimoni yang nyata dianggap sebagai hasil dari penerapan obat herbal tersebut.

Sebuah situs kesehatan adyass.com banyak menuliskan mengenai testimoni-testimoni konsumen ramuan obat herbal yang berhasil sembuh atau mengalami kemajuan dalam proses penyembuhan penyakit. Situs tersebut menjadi salah satu situs rujukan orang-orang yang mencari informasi mengenai obat herbal di Indonesia.

Testimoni kesembuhan yang ditampilkan pun cukup banyak dengan berbagai macam penyakit yang diderita konsumen ramuan herbal tersebut.

Banyaknya testimoni nyata yang ditampilkan, mungkin belum bisa dianggap sebagai bukti ilmiah efektifitas obat herbal dalam pengobatan penyakit. Namun setidaknya bisa menjadi bukti dan harapan, bahwa obat herbal bisa menjadi solusi pengobatan.

Semoga nanti ada banyak penelitian mengenai penerapan obat herbal pada pasien, sehingga bisa menjadi bukti ilmiah, efektifitas obat herbal dalam pengobatan.

Dengan demikian diharapkan pengobatan dengan obat herbal dimasyarakat bisa semakin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *