Ingin Bisnis Cepat Untung? Sewakan Apartemen Anda!

Tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup tersendiri terutama bagi masyarakat perkotaan menengah ke atas. Tren ini pun dilirik para investor property, khususnya apartemen, untuk dijadikan lahan usaha. Mengapa begitu? Ternyata, menyewakan apartemen mendatangkan untung yang lumayan. Apartemen yang terletak di lokasi strategis dengan kisaran harga beli 500 jutaan, dapat disewakan dengan empat sampai lima juta perbulan.

            Biasanya hitung-hitungan yang dilakukan pebisnis sewa apartemen yaitu, harga apartemen dikali dengan nilai kapitalisasi sebesar 7-12%. Sehingga bila harga beli apartemen sebesar 500 juta, harga sewa unitnya setahun sebesar 60 juta. Dibandingkan nilai kapitalisasi sewa rumah yang berkisar 3-5%. Harga ini masih dapat berubah tergantung factor lain, misalnya strategisnya lokasi unit.

            Bagi Anda yang berminat menggeluti bisnis ini, berikut ini cara dan tips yang dapat dilakukan untuk menyewakan apartemen agar mendapat keuntungan yang diinginkan.

  1. Siapkan apartemen

Sebagai penyedia barang dan jasa, sudah pasti memberikan pelayanan maksimal. Dalam hal ini, unit apartemen yang ingin disewakan haruslah dalam keadaan baik dan nyaman. Pikirkan baik-baik apa yang ingin ditonjolkan dan dijadikan nilai jual apartemen Anda. Misalnya lokasi, fasilitas, hingga harga sewa.

            Bila dari sisi aksesibilitas yang kurang menguntungkan, misalnya tidak terjangkau fasilitas umum tertentu, Anda dapat berfokus pada hal lainnya, misalnya gaya interior yang menarik. Kebersihan, kenyamanan, dan keamanan merupakan nilai jual yang cukup tinggi untuk ditawarkan kepada calon penyewa.

  1. Pertimbangkan harga sewa

Berkaitan dengan kondisi dan nilai jual apartemen, Anda dapat menentukan harga sewa. Apakah dapat disewa perhari, perbulan, atau pertahun. Menentukan harga sewa apartemen termasuk sewa apartemen Jakarta Selatan dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama tiru dan modifikasi harga dengan unit lain yang setipe dengan unit Anda. Tetapkan harga tidak jauh dari harga pasar.

Cara kedua, menggunakan sistem cap rate. Cara ini menggunakan nilai kapitalisasi. Menurut Anto Erawan, pakar bidang properti, tingkat nilai kapitalisasi digunakan investor untuk menentukan harga pembelian. Sementara pihak penilai (appraisal) menggunakannya untuk menentukan nilai pasar. Appraisal adalah orang terbaik untuk memperoleh informasi actual mengenai tingkat kapitalisasi di tiap wilayah. Nilai kapitalisasi apartemen berkisar antara 7-12% sehingga rumusnya,

Harga sewa (rupiah)/tahun = harga properti x cap rate (%)

Cara ketiga menentukan harga sewa berdasarkan yield, yaitu keuntungan yang dihitung dari nilai sewa pertahun dibandingkan dengan harga properti. Misal harga sewa satu unit apartemen adalah 10 juta/tahun, maka nilai yield apartemen tersebut adalah 10%. Kisaran yield untuk apartemen adalah 7-10%

 

  1. Pasang iklan di Jendela360

Jendela360 tidak hanya memfasilitasi calon penyewa, namun juga pemilik apartemen yang ingin menyewakan apartemennya agar cepat tersewa. Jendela 360 sebagai agen property menawarkan kelebihan untuk Anda yang ingin menyewakan apartemennya, yaitu unit Anda yang ingin disewakan akan difoto secara profesional, termasuk dengan teknologi 360 derajat, website dikunjungi ribuan orang tiap harinya, penyewa akan didampingi representative untuk kunjungan, negosiasi, hingga perjanjian kontrak ke apartemen Anda, dan semua layanan ini diberikan gratis.

            Cara mengiklankan unit Anda di Jendela360 pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir, lalu tim Jendela360 akan menghubungi Anda. Setelah itu, tim akan melakukan pengambilan gambar dan pendataan informasi unit secara lengkap. Hingga unit Anda tersewa, Jendela360 akan mengurus seluruh hal yang diperlukan.

Investasi properti, khususnya apartemen, kian menjanjikan keuntungan dengan cepat atau biasa disebut passive income.  Terutama bila Anda menggunakan fasilitas yang memudahkan pebisnis sewa apartemen di Jendela360.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *