Masih Bingung Apa yang Dimaksud Dengan Pemanasan Global? Ikuti Ulasan Ini, Yuk!

Saat ini di belahan bumi manapun sering terjadi cuaca ekstrem sampai beberapa bencana alam yang merenggut banyak nyama. Selain karena usia bumi yang sudah tua, ada banyak penyebab lainnya.

Salah satu penyebabnya adalah pemanasan global yang sudah terjadi sejak lama. Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan gobal warming merupakan sebuah proses meningkatkan suhu rata-rata atmosfer bumi yang diakibatkan oleh gas rumah kaca berlebih. Lantas apa penyebab, dampak dan cara mengatasi pemanasan global ini?

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab dari pamanasan global sendiri beragam, seperti yang dilansirdari https://bloggerdasteran.com/ salah satu penyebab terbesarnya adalah efek rumah kaca berlebih. Selain itu, penyebab lainnya adalah polusi karbondioksida yang terus meningkat.

Karbondioksida sendiri merupakan sebuah senyawa yang berasal dari aktivitas manusia, seperti pembakaran pada mesin kendaraan (polusi), pembangkit listrik berbahan fosil dan sebagainya. Karbondioksida sendiri merupakan penyumbang terbesar terjadinya pemanasan global.

Penebangan dan pembakaran hujan juga termasuk penyebab terjadinya pemanasan global. Semakin banyak pohon yang dibakar dan ditebang, membuat pasokan oksigen semakin tipis dan suhu udara menjadi lebih panas. Hilangnya oksigen yang dihasilkan dari pepohonan, akan membuat dunia tidak bisa lagi mendaur ulang karbondioksida.

 

Dampak Pemanasan Global

Selain penyebab, pemanasan global juga memberikan dampak buruk pada kehidupan, seperti iklim dan cuaca yang mulai tidak stabil yang bisa mengakibatkan gunung-gunung es di belahan bumi bagian utara. Hal ini akan mengakibatkan permukaan air laut meningkat cukup drastis.

Perubahan permukaan air laut tentu akan mempengaruhi kehidupan di pantai. Bahkan, menurut sebuah penelitian, jika permukaan air laut mengalami kenaikan sekitar 100 cm, maka akan menenggelamkan 6% dari Belanda, 17,5 dari Bangladesh dan masih banyak pulau lain yang akan tenggelam.

Suhu yang semakin meningkat pun merupakan dampak lain dari pemanasan global. Hal ini dikarenakan, lapisan ozon semakin menipis yang diakibatkan karena banyaknya penebangan dan pembakaran hutan.

Pergeseran ekosistem juga merupakan dampak terjadinya pemanasan global. Hal ini bisa mengakibatkan penyebaran penyakit melalui air maupun melalui vektor. Oleh sebab itu, sering terjadi peningkatan kejadian demam berdarah karena munculnya ekosistem baru untuk nyamuk bisa berkembang biak dengan baik.

Pemanasan global juga akan berdampak pada kehidupan sosial dan politik. Di mana, suhu udara yang panas bisa menyebabkan gagal panen, sehingga akan bermunculan kelaparan dan malagizi. Tidak hanya itu, bahkan peningkatan permukaan air laut juga bisa mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bencana, seperti banjir.

 

Mengatasi Pemanasan Global

Untuk mengatasi atau menanggulangi pemanasan global ini bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan energi berbahan bakar fosil, beralih pada penggunaan energi ramah lingkungan. Menghemat penggunaan listrik juga termasuk cara untuk mengatasi pemanasan global yang semakin meluas.

Selain itu, cara mengatasi pemanasan global yang lainnya adalah dengan cara mengurangi penebangan hutan, membeli produk lokal yang tentunya akan mengurangi energi dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk keperluan impor dan juga dengan menanam kembali pohon dengan jumlah yang lebih banyak.

Apa yang dimaksud dengan pemanasan global tentunya sangat kompleks. Tidak hanya penyebabnya saja yang sering disepelekan, tapi juga beberapa dampak sering dipandang sebelah mata. Melalui artikel ini, semoga kamu bisa lebih peduli dengan lingkungan sekitarmu agar lingkungan tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *